Pages

Kamis, 10 Mei 2012

MC (Master Of Cheremony)

PENGERTIAN MC (Master Of ceremony)

Secara singkat MC merupakan singkatan berbahasa Inggris yang tersusun dari kata Master of Ceremony.Master artinya penguasa, sedangkan Ceremonyartinya acara, jadi pemahaman MC secara luas adalah pemimpin acara yang berkuasa penuh terhadap jalannya sebuah acara. Selain bermakna sebagai penguasa acara, MC juga terkadang di identikkan dengan arti pemandu acara, pengendali acara, pembawa acara, pengatur acara, penata acara dan banyak lagi julukan bagi MC. Pada bagian lain MC bertindak selaku “tuan rumah” (host) dalam suatu acara atau kegiatan/pertunjukan.
Secara garis besar tugas MC berbeda dengan protokoler/protokol. Namun, secara struktural MC merupakan bagian dari aktivitas protokoler. sehingga dapat dipahami bahwa MC adalah pembawa acara yang bertugas untuk mengendalikan jalannya acara. Sedangkan protokol adalah tata acara, yang telah dirangkai dan tersusun secara lengkap. Sehingga seorang MC akan melaksanakan tugas sesuai dengan arahan Protokoler. Namun biasanya kegiatan keprotokoleran dilaksanakan pada acara-acara resmi, seperti acara kenegaraan, pemerintahan atau kegiatan-kegiatan yang melibatkan pejabat negara, pimpinan Daerah. Karena pada dasarnya kegiatan-kegiatan resmi tersebut telah tertata dalam perundang-undangan baku dan harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan

Teknik Menjadi MC

Didalam acara resmi kenegaraan, kedinasan, lembaga maupun pementasan, pertunjukan, MC mempunyai peran sbb :

a. Sebagai pembawa pesan atau informasi dari fihak pemberi pesan (yang menyelenggarakan acara) kepada penerima pesan (Audience) yg menghadiri acara tsb sehingga MC adalah seorang komunikator.
b. Sebagai penghubung untuk menggerakkan perbuatan orang lain sebagaimana yang dikehendaki pemberi pesan.
c. Sebagai pemandu untuk mengendalikan umpan balik ( respon ) dari isi pesan yang disampaikan.

Syarat Menjadi Public Speaker (MC)

Untuk menjadi seorang pembawa acara, selain modal suara yang enak didengar, harus juga memiliki kepribadian & intelektual. Artinya pembawa acara harus memiliki pengetahuan luas, kaya akan perbendaharaan kata (meminjam istilah yang trend dikalangan orang radio disebut penyiar radio adalah seniman kata-kata). Seorang pembawa atau acarapun seorang seniman kata-kata, memiliki kemampuan bahasa yang memadai, kepribadian yang excellent, artinya dia harus luwes, percaya diri, berjiwa besar, memiliki sense of humor, disiplin, memiliki sikap yang benar, memahami etika, berpenampilan bersih, wajar, sopan dan menarik.

Seorang pembawa acara akan menjadi pusat perhatian seperti layaknya artis yang tampil di panggung. Untuk itu tampil menarik & enak dilihat adalah suatu keharusan.

Persiapan yang bisa dilakukan saat menjadi pembawa acara adalah :

1. Rileks…pastikan kondisi tubuh & suara fit, segar dan normal
Atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam, menggerakkan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri tegap lalu tersenyumlah
2. Know the room (kenalilah ruangan tempat anda akan menjadi pembawa acara / entertainer)
3. Know the audience cth cooperate event (kenali karakteristik tamu dan pandang mereka sebagai sahabat)
4. Know the material dari cooperate event (kuasai bahan/ acara yang akan dibawakan)
5. Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan anda, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang acara yang anda bawakan, pasti semakin percaya diri
6. Susun pointer untuk membantu mengingat apa yang akan ***capkan
7. Jangan terlalu sering mengucapkan kata (meminta) maaf pada audience
8. Jangan tinggalkan daftar acara atau rundown acara (meskipun sudah ada stage manager)
9. Pakaialah pakaian yang serasi/cocok dengan acara, jangan sampai saltum atau salah kostum. (buatlah sedikit saja berbeda dengan tambahan assesories atau pernak-pernik jika harus memakai seragam yang sama dengan tamu atau panitia. Ingat pembawa acara adalah pusat perhatian)
10. Pakailah make up (meskipun anda laki-laki pakailah sedikit riasan wajah agar wajah tidak mengkilap atau berwarna gelap)
11. Lakukan gerakan tangan seperlunya saat sudah berada di atas pentas. Jangan sampai berlebihan apalagi untuk menutupi kegugupan. Karena gerakan tubuh yang berlebihan hanya akan mengacaukan penampilan anda
12. Jaga mulut & tenggorokan selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan
13. Jangan makan & minum yang akan mengganggu organ tubuh anda, minimal satu jam sebelum tampil misalnya soda, makanan berlemak (yang bisa membuat mual), makanan pedas atau asam
14. Tampillah percaya diri dan beyourself saat anda menjadi entertainersejati

STRATEGI MC

1. Kiat  untuk  mencapai  sukses  tugas  sebagai  Master of Ceremony / Pembawa Acara.
2. Melakukan  persiapan  fisik dan  mental  yang  tepat  untuk mendukung sukses  tugas  sebagai MC.

ETIKA  MC 

1. Sikap  dan perilaku  seorang MC dalam  lingkup  persiapan, pelaksanaan  tugas  hingga  pasca  tugas.
2. Mampu  menyesuaikan  dengan  kondisi dan  situasi  lingkungan  guna  mendukung  sukses  tugas MC.

PERSIAPAN  TUGAS  MC

1. Mengetahui  secara  pasti bentuk  program  yang  akan  dipandunya.
2. Mengetahui gambaran  lokasi  acara  serta  hadirin  yang  bakal  datang.
3. Mengetahui  secara  pasti,  secara  protokoler,  hal-hal apa  saja  yang  boleh  dan  yang  tidak  boleh  diucapkan  atau  dilakukan.
4. Disarankan  untuk  memilih  tata  busana  dan  tata  rias  yang  tidak  terlalu  rumit, walaupun  tetap  berpedoman  pada  etiket  berbusana  rapih  dan  serasi.
5. Peralatan  tata rias  sederhana,  hendaknya  tetap berada  dalam tas,  untuk  dapat  dipergunakan  sewaktu-waktu  saat re-touch make up. 

SIKAP  SAAT  BERTUGAS  MC

1. Tetap  menjaga  keharmonisan  suasana,  dengan  cara  berkonsentrasi  penuh  atas  kalimat-kalimat  yang  sedang  atau  akan  diucapkan,  sesuai  dengan  susunan  acaranya.
2. Bila  sedang  menghadapi  masalah  yang  cukup  berat, jagalah  kestabilan  psikologis,  dengan  cara  berdoa  kepada TUHAN dan “ mencoba melupakan  sejenak” atas  masalah  yang  menimpa.
3. Tetap  melakukan  “ voice control”,  dalam  rangka  menjaga  kestabilan  suara  dalam  memandu  acara.
4. Mencoba  memahami  kondisi,  apabila  terjadi  perubahan  mendadak, yang  disebabkan  oleh  suasana  maupun  sikap  orang lain.
5. Tetap  usahakan  meletakkan  cue-card  secara  rapih,  sesuai  urutan  acaranya.
6. Tetap  bersikap  tenang,  jangan  lupa  mengucapkan  terima  kasih  kepada  seluruh  pendukung  acara,  serta  apabila  perlu, mewakili  penyelenggara, memohonkan  maaf, kalau  terjadi  hal-hal yang  tidak  berkenan.
7. Jangan  lupa  untuk  berpamitan  secara  baik-baik  dengan  segenap  anggota  penyelenggara  dan  pendukung  teknis  acara  yang  telah  dipandu.

0 komentar:

Posting Komentar

MC (Master Of Cheremony)

PENGERTIAN MC (Master Of ceremony)

Secara singkat MC merupakan singkatan berbahasa Inggris yang tersusun dari kata Master of Ceremony.Master artinya penguasa, sedangkan Ceremonyartinya acara, jadi pemahaman MC secara luas adalah pemimpin acara yang berkuasa penuh terhadap jalannya sebuah acara. Selain bermakna sebagai penguasa acara, MC juga terkadang di identikkan dengan arti pemandu acara, pengendali acara, pembawa acara, pengatur acara, penata acara dan banyak lagi julukan bagi MC. Pada bagian lain MC bertindak selaku “tuan rumah” (host) dalam suatu acara atau kegiatan/pertunjukan.
Secara garis besar tugas MC berbeda dengan protokoler/protokol. Namun, secara struktural MC merupakan bagian dari aktivitas protokoler. sehingga dapat dipahami bahwa MC adalah pembawa acara yang bertugas untuk mengendalikan jalannya acara. Sedangkan protokol adalah tata acara, yang telah dirangkai dan tersusun secara lengkap. Sehingga seorang MC akan melaksanakan tugas sesuai dengan arahan Protokoler. Namun biasanya kegiatan keprotokoleran dilaksanakan pada acara-acara resmi, seperti acara kenegaraan, pemerintahan atau kegiatan-kegiatan yang melibatkan pejabat negara, pimpinan Daerah. Karena pada dasarnya kegiatan-kegiatan resmi tersebut telah tertata dalam perundang-undangan baku dan harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan

Teknik Menjadi MC

Didalam acara resmi kenegaraan, kedinasan, lembaga maupun pementasan, pertunjukan, MC mempunyai peran sbb :

a. Sebagai pembawa pesan atau informasi dari fihak pemberi pesan (yang menyelenggarakan acara) kepada penerima pesan (Audience) yg menghadiri acara tsb sehingga MC adalah seorang komunikator.
b. Sebagai penghubung untuk menggerakkan perbuatan orang lain sebagaimana yang dikehendaki pemberi pesan.
c. Sebagai pemandu untuk mengendalikan umpan balik ( respon ) dari isi pesan yang disampaikan.

Syarat Menjadi Public Speaker (MC)

Untuk menjadi seorang pembawa acara, selain modal suara yang enak didengar, harus juga memiliki kepribadian & intelektual. Artinya pembawa acara harus memiliki pengetahuan luas, kaya akan perbendaharaan kata (meminjam istilah yang trend dikalangan orang radio disebut penyiar radio adalah seniman kata-kata). Seorang pembawa atau acarapun seorang seniman kata-kata, memiliki kemampuan bahasa yang memadai, kepribadian yang excellent, artinya dia harus luwes, percaya diri, berjiwa besar, memiliki sense of humor, disiplin, memiliki sikap yang benar, memahami etika, berpenampilan bersih, wajar, sopan dan menarik.

Seorang pembawa acara akan menjadi pusat perhatian seperti layaknya artis yang tampil di panggung. Untuk itu tampil menarik & enak dilihat adalah suatu keharusan.

Persiapan yang bisa dilakukan saat menjadi pembawa acara adalah :

1. Rileks…pastikan kondisi tubuh & suara fit, segar dan normal
Atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam, menggerakkan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri tegap lalu tersenyumlah
2. Know the room (kenalilah ruangan tempat anda akan menjadi pembawa acara / entertainer)
3. Know the audience cth cooperate event (kenali karakteristik tamu dan pandang mereka sebagai sahabat)
4. Know the material dari cooperate event (kuasai bahan/ acara yang akan dibawakan)
5. Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan anda, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang acara yang anda bawakan, pasti semakin percaya diri
6. Susun pointer untuk membantu mengingat apa yang akan ***capkan
7. Jangan terlalu sering mengucapkan kata (meminta) maaf pada audience
8. Jangan tinggalkan daftar acara atau rundown acara (meskipun sudah ada stage manager)
9. Pakaialah pakaian yang serasi/cocok dengan acara, jangan sampai saltum atau salah kostum. (buatlah sedikit saja berbeda dengan tambahan assesories atau pernak-pernik jika harus memakai seragam yang sama dengan tamu atau panitia. Ingat pembawa acara adalah pusat perhatian)
10. Pakailah make up (meskipun anda laki-laki pakailah sedikit riasan wajah agar wajah tidak mengkilap atau berwarna gelap)
11. Lakukan gerakan tangan seperlunya saat sudah berada di atas pentas. Jangan sampai berlebihan apalagi untuk menutupi kegugupan. Karena gerakan tubuh yang berlebihan hanya akan mengacaukan penampilan anda
12. Jaga mulut & tenggorokan selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan
13. Jangan makan & minum yang akan mengganggu organ tubuh anda, minimal satu jam sebelum tampil misalnya soda, makanan berlemak (yang bisa membuat mual), makanan pedas atau asam
14. Tampillah percaya diri dan beyourself saat anda menjadi entertainersejati

STRATEGI MC

1. Kiat  untuk  mencapai  sukses  tugas  sebagai  Master of Ceremony / Pembawa Acara.
2. Melakukan  persiapan  fisik dan  mental  yang  tepat  untuk mendukung sukses  tugas  sebagai MC.

ETIKA  MC 

1. Sikap  dan perilaku  seorang MC dalam  lingkup  persiapan, pelaksanaan  tugas  hingga  pasca  tugas.
2. Mampu  menyesuaikan  dengan  kondisi dan  situasi  lingkungan  guna  mendukung  sukses  tugas MC.

PERSIAPAN  TUGAS  MC

1. Mengetahui  secara  pasti bentuk  program  yang  akan  dipandunya.
2. Mengetahui gambaran  lokasi  acara  serta  hadirin  yang  bakal  datang.
3. Mengetahui  secara  pasti,  secara  protokoler,  hal-hal apa  saja  yang  boleh  dan  yang  tidak  boleh  diucapkan  atau  dilakukan.
4. Disarankan  untuk  memilih  tata  busana  dan  tata  rias  yang  tidak  terlalu  rumit, walaupun  tetap  berpedoman  pada  etiket  berbusana  rapih  dan  serasi.
5. Peralatan  tata rias  sederhana,  hendaknya  tetap berada  dalam tas,  untuk  dapat  dipergunakan  sewaktu-waktu  saat re-touch make up. 

SIKAP  SAAT  BERTUGAS  MC

1. Tetap  menjaga  keharmonisan  suasana,  dengan  cara  berkonsentrasi  penuh  atas  kalimat-kalimat  yang  sedang  atau  akan  diucapkan,  sesuai  dengan  susunan  acaranya.
2. Bila  sedang  menghadapi  masalah  yang  cukup  berat, jagalah  kestabilan  psikologis,  dengan  cara  berdoa  kepada TUHAN dan “ mencoba melupakan  sejenak” atas  masalah  yang  menimpa.
3. Tetap  melakukan  “ voice control”,  dalam  rangka  menjaga  kestabilan  suara  dalam  memandu  acara.
4. Mencoba  memahami  kondisi,  apabila  terjadi  perubahan  mendadak, yang  disebabkan  oleh  suasana  maupun  sikap  orang lain.
5. Tetap  usahakan  meletakkan  cue-card  secara  rapih,  sesuai  urutan  acaranya.
6. Tetap  bersikap  tenang,  jangan  lupa  mengucapkan  terima  kasih  kepada  seluruh  pendukung  acara,  serta  apabila  perlu, mewakili  penyelenggara, memohonkan  maaf, kalau  terjadi  hal-hal yang  tidak  berkenan.
7. Jangan  lupa  untuk  berpamitan  secara  baik-baik  dengan  segenap  anggota  penyelenggara  dan  pendukung  teknis  acara  yang  telah  dipandu.

0 komentar: